Sabtu, 25 Januari 2020

RPP Matematika Kelas VII Semester 1


RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN  (RPP)

Satuan Pendidikan      : MTs. Bontonompo
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas / Semester         : VII / Ganjil
Materi Pokok              : Bilangan Bulat (Operasi penjumlahan dan pengurangan)
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan
Tahun Pelajaran          : 2019/2020

Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran discovery learning peserta didik diharapkan dapat :
1.      Menerapkan operasi hitung penjumlahan pada bilangan bulat
2.      Menerapkan operasi hitung pengurangan pada bilangan bulat
Kegiatan Pembelajaran
1.         Mengajukan  pertanyaan-pertanyaan tentang materi  yang sudah pernah di  dapatkan
terkait dengan materi yang akan di pelajari
2.         Memotivasi  peserta  didik   dengan  cara  menginformasikan  kepada  peserta  didik pentingnya materi operasi penjumlahan dan pengurangan pada bilangan Bulat yang akan dipelajari dalam kegiatan sehari-hari
3.         Peserta didik diminta untuk mengamati lembar kerja, gambar / video pemberian contoh- contoh  materi/soal untuk  dapat dikembangkan oleh peserta didik,yang berhubungan dengan penjumlahan dan pengurangan pada Bilangan Bulat
4.         Peserta didik diberikan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan materi penjumlahan dan pengurangan pada Bilangan Bulat
5.         Peserta didik diminta untuk  bekerja secara kelompok untuk  menemukan pemecahan masalah terhadap permasalahan yang telah diberikan baik melalui sumber internal maupun sumber eksternal (Menanya, Mengeksplorasi dan Mengasosiasi)
6.   Peserta didik diminta untuk  bekerja dalam kelompok dan menghargai usaha setiap anggota kelompok (Mengeksplorasi dan Mengasosiasi)
8. Menuliskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat sebelumnya berdasarkan hasil kerja kelompok (Mengasosiasi dan Mengomunikasikan)
9.    Masing-masing kelompok menyampaikan hasil kerja kelompoknya (Mengomunikasikan)
10. Peserta didik  lainnya  mendengarkan dan memberikan  tanggapan (Mengamati  dan
Menanya)
11. Peserta didik melakukan analisis atas hasil kerja kelompoknya dengan informasi yang ditayangkan oleh guru (Mengasosiasi)
12. Peserta didik  diberikan  pertanyaan  sehubungan  dengan  hal-hal  yang  masih  perlu diklarifikasi ulang (Mengomunikasikan)
Penilaian
  •           Sikap (Menggunakan teknik observasi dan bentuk instrument berupa lembar pengamatan)
  •          Pengetahuan (Menggunakan Teknik tes tertulis dan penugasan, sedangkan bentuk instrument berupa LKPD dan soal uraian)
  •          Keterampilan (Menggunakan Teknik tes tertulis dan bentuk instumennya adalah soal uraian. 




Mengetahui                                                                           Bontonompo, 02 Januari 2020
  Kepala Sekolah                                                                     Guru Mata Pelajaran




Amir, S.Pd.I                                                                     Rusman Syarif, S.Pd.
  NIP. 19800605 200501 1 008                                                NIP. 19850624 200912 1 006

*Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap.

0 komentar:

Posting Komentar