Minggu, 26 Januari 2020

BLOG BAGI GURU

Blog adalah tempat dimana kita bisa mengungkapkan isi hati kita lewat tulisan. Blog adalah wadah bagi siapa saja yang ingin berkreasi melalui tulisan. Isi tulisan bisa bebas, terserah yang membuat blog. Istilah untuk orang yang membuat atau menulis di blog adalah blogger.

Blog bisa dijadikan sebagai buku agenda atau buku harian yang merupakan ungkapan emosi blogger. Hal yang sedih atau gembira bisa dituangkan di blog. Siapapun bisa membaca apa yang ditulis oleh blogger. Namun, blog tidak hanya sebagai catatan harian saja, blog juga bisa digunakan untuk menulis ilmiah, berita, dan hal-hal lain yang dianggap perlu diungkap oleh blogger. Tak jarang hal-hal tertentu yang luput diberitakan oleh media ternyata di tangan blogger bisa diungkap.
Siapapun bisa menulis di blog. Tak terbatas pada umur seperti pada jejaring sosial Facebook dan yang lainnya. Namun, hendaknya tulisan juga harus memenuhi kaidah etika kesopanan dan juga norma-norma yang ada di masyarakat. Teknik menulisnya terserah kepada blogger. Tidak ada acuan harus menggunakan teknik tertentu, namun jika mengutip dari sumber tertentu sebaiknya dicantumkan dari mana sumbernya.

Apalagi dalam menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 seperti saat ini. Sebagai, organisasi profesi Ikatan Guru Indonesia (IGI) selalu berupaya untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia yang dimiliki oleh Guru-Guru se Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan adalah kehadiran Satu Guru Satu Blog (SAGUSABLOG) yang dimotori oleh MR. MUNG. Dengan harapan, kehadiran SAGUSABLOG ini memudahkan para guru untuk membuat dan mengelola Blognya sendiri. Salah satu yang diajarkan dalam Sagusablog ini adalah bagaimana cara membuat Soal Online dengan mudah.

Berikut ini video cara membuat soal online dengan menggunakan Google Drive.

0 komentar:

Posting Komentar